Selasa, 18 Januari 2011

Pers dan Public Relation

Fungsi dan tugas penyampaian pesan.


Dalam penyampaian pesan, pihak Public Relation lebih menitik beratkan segi publisitas yang dalam garis besarnya lebih menonjolkan hal hal yang berbau sensasional dan menarik perhatian pembaca, menonjolkan peristiwa tertentu (event), pertentangan (conflict), dan ide atau info terbaru.

Pada praktiknya pihak pers dalam menjalankan fungsinya mengandung dua dimensi:


  1. Dimensi Ideal yang mengarah kepada buah pikiran, ide-ide dan pendapat umum/individu.
  2. Dimensi Komersial yakni mengarahkan kepada hal-hal ekonomi seperti keuntungan usaha, promosi,distribusi, persaingan dan lain lain.

Dalam fungsi berdimensi ideal tugas utama pers secara umun ada 3 pokok:
  • memberikan informasi
  • mendidik masyarakat
  • menghibur atau memberikan hiburan bagi para pembaca
selain itu pers juga berfungsi mempengaruhi (influence) dan mengawasi (social control)


Dimensi Bisnis Perusahaan Pers


Media Pers perlu berorientasi ekonomi atau komersial karena untuk memenuhi revenue untuk menjalankan roda operasional redaksi dan perusahaan, untuk membayar gaji para reporter, karyawan, honor penulis dan lain lain. Sumber Pendapatan utama selain hasil penjualan produk, yang paling penting adalah pendapatan pendapatan yang bersumber dari penjualan space atau kolom iklannya bagi kegiatan promosi,advertensi, publikasi, dan sebagainya.

Media cetak mempunyai pola tertentu dalam membagi space halaman untuk berita dan iklan. Umumnya 70persen untuk space halaman berita dan 30persen untuk iklan. Namun bisa berubah menjadi 60:40 pada surat kabar yang beroplah besar.

Pelanggaran yang paling berat oleh wartawan dan perusahaan pers adalah "menjual"berita untuk tujuan komersial tertentu. Sesuai kode etik jurnalistik,wartawan dilarangmenyiarkan dan memuat atau tidak memuat berita karena motivasi untuk mendapat imbalan tertentu, berupa uang misalnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar